Ubah image.

Ceria BersamaMengubah image adalah suatu proses, yang tujuannya untuk merubah cara pandang dari orang di sekitar terhadap seseorang. Baik dari segi kualitas, kuantitas maupun besaran yang ingin ditampilkan. Biasanya, proses ini merupakan sistem yang bersifat “trial and error”.

Banyak kendala dan permasalahan yang terjadi dalam proses tersebut. Maklumlah, hal demikian adalah hal yang tidak mudah. Tetapi apapun alasannya, proses ubah image ini merupakan suatu langkah yang brilyan bagi sebuah usaha, terlepas dari besar kecilnya usaha yang dilakukan maupun jenis usaha itu sendiri. Pada dasarnya, “ubah image” ini dalam ilmu marketing disebut Rebranding.

Ada sekitar 7 alasan mengapa sebuah bisnis melakukan Rebranding. Ada beberapa contoh utama antara lain adalah: maturity sebuah bisnis, perubahan fundamental lingkungan, relevansinya terhadap konsumen, menampilkan citra baru dan sebagainya.

Lantas, apa hubungannya dengan RM. Mbok Berek Ny. Subekti ?

Segmentasi bagi produk ayam goreng Mbok Berek adalah kalangan masyarakat yang menggemari nuansa kuliner khas Jawa yang sudah dikenal dan merupakan standar jenis makanan yang hampir dapat dijumpai dimana saja secara meluas. Baik di pulau Jawa sendiri bahkan diluar. Pula, secara historis, ayam goreng panas ala Mbok Berek sudah mulai menjadi model bagi menu menu varian sejenis seperti Ayam goreng Kalasan, Ayam Kremes, hingga gerai yang menyediakan Penyet. Di era yang serba kompetitif ini, sudah saatnya usaha yang dirintis oleh orang tua kami memasuki fase peremajaan. Baik dari segi kualitas produk maupun kualitas penyajian.

Dimulai dari penataan sistem SDM (Sumber Daya Manusia) dengan membuat standarisasi kerja SOP (Standard Operating Procedure) secara jelas. Merubah wacana tradisional yang sudah terbiasa dilakukan sejak lama memang tantangan tersendiri bagi proses ini. Kemudian, membenahi sistem kinerja manajemen rumah makan, menuju standar industri. Yang terpenting adalah mengubah image Rumah makan sehingga dapat diterima bagi semua kalangan.

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. dewi says:

    aku juga suka makan auam kalasan tapi kok sekarang tutup ya mas

    Like

    1. mbrpusat says:

      Kami kurang tahu mbak Dewi.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s